Inilah 5 Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok

Posted on

Membicarakan sesuatu yang berhubungan dengan ekonomi pasti tidak akan terlepas dari pengelolanya. Untuk menambah pengetahuan Anda, akan lebih baik bila Anda juga mengetahui apa saja usaha ekonomi yang dikelola kelompok. Seperti yang kita ketahui, pengelolaan usaha tidak hanya dilakukan oleh perorangan tetapi juga secara berkelompok. Dalam hal ini tentu saja modal, usaha dalam mengelola dan pembagian hasil usahanya dilakukan secara bersama dan adil. Nantinya semua anggota kelompok akan memiliki peranan dan andil dalam menjalankan usahanya.

Jenis usaha ekonomi yang dikelola kelompok

5 Usaha Ekonomi yang Dikelola Kelompok

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha ekonomi yang dikelola kelompok yang harus Anda ketahui :

  1. Firma

Firma merupakan usaha ekonomi yang dikelola secara kelompok dengan paling sedikit beranggotakan 2 orang yang saling mengenal. Semua tindakan yang dilakukan dalam menjalankan usaha akan ditanggung bersama. Setiap anggota juga memiliki hak yang sama dalam melakukan tindakan atas usaha yang dijalankan.

 

  1. CV (Commanditaire Vennotschaap/Persekutuan Komanditer)

CV merupakan usaha ekonomi yang dikelola dengan beberapa anggota. Modal yang didapatkan dalam mengembangkan usaha berasal dari pengusaha di dalam kelompok dan juga beberapa penanam modal. Pengusaha nantinya memegang peran sebagai penanggung jawab kelangsungan usaha dan juga harus bertanggungjawab kepada penanam modal usaha. Biasanya CV ini berdiri dengan mengembangkan sebuah firma karena memerlukan tambahan modal.

 

  1. Perseroan Terbatas (PT)

Perusahaan ini dibangun dengan modal yang didapatkan dari penjualan saham atau surat berharga yang menjadi sebuah tanda ikut serta dalam menanam modal. Saham yang ditanamkan tentu saja memiliki nilai nominal yang nantinya menjadi ukuran seberapa besar deviden yang didapat. Deviden merupakan keuntungan atau laba yang nanti akan dibagi kepada para pemegang saham dalam perusahaan.

 

  1. Perusahaan daerah

Modal dari usaha ini berasal dari pemerintah daerah. Tujuan pendirian usahanya adalah untuk membangun ekonomi di dalam lingkup daerah maupun nasional. Selain itu usaha ini juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan rakyat yang mencari lapangan pekerjaan. Dengan menjadikan rakyat sebagai tenaga kerja tentu saja akan membantu negara dalam menciptakan kehidupan masyarakat yang makmur dan adil.

 

Yang menjadi pimpinan dalam usaha ini adalah staf direksi dengan jumlah anggotanya sudah ditetapkan di dalam peraturan pendirian perusahaan daerah. Yang berwenang dalam mempekerjakan serta menghentikan staf direksi adalah kepala daerah yang sudah mendapatkan persetujuan dari DPRD.

 

  1. Koperasi

Koperasi merupakan sebuah usaha bersama dalam bidang ekonomi yang dilakukan dengan beranggotakan banyak orang. Beberapa jenis koperasi di Indonesia antara lain adalah sebagai berikut ini :

  • Koperasi konsumsi : koperasi yang menjalankan usaha menyediakan barang yang bertujuan memenuhi kebutuhan konsumsi setiap hari. Sebagai contohnya adalah beras, minyak goreng, gula, peralatan rumah tangga, barang elektronik dan lain sebagainya.
  • Koperasi simpan pinjam : tujuan koperasi ini adalah sebagai usaha simpan pinjam. Jadi para anggota koperasi dapat menabung atau meminjam uang di dalam usaha ini. beberapa contohnya adalah seperti KUD, Bank koperasi pasar, Bukopin dan lain sebagainya.
  • Koperasi produksi : koperasi ini bergerak dalam bidang produksi barang seperti koperasi pertanian, koperasi pengrajin perak, koperasi peternakan sapi dan lain sebagainya.
  • Koperasi jasa : koperasi ini sebagai penyedia jasa yang berguna bagi para anggotanya maupun masyarakat umum. Contohnya adalah koperasi perumahan, koperasi asuransi, koperasi jasa angkutan, koperasi pengurusan dokumen dan lain sebagainya.
  • Koperasi serba usaha : lingkup usaha koperasi serba usaha ini adalah menyediakan semua hal yang dibutuhkan oleh anggotanya maupun masyarakat secara umum. Contoh usahanya adalah menyediakan beraneka macam barang kebutuhan sehari-hari, melayani simpan pinjam, menyediakan jasa, melakukan usaha produksi dan lain sebagainya.

Sekarang Anda tentu sudah mengetahui apa saja bentuk usaha ekonomi yang dikelola kelompok yang ada di Indonesia. Tentu saja tujuan utamanya adalah ingin memberikan kemudahan dalam bidang ekonomi dan menyediakan kebutuhan masyarakat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *