Punya Modal Pas-Pasan? Ini Dia Peluang Usaha Potensial Yang Cocok Dijalankan Di Desa

Posted on

Pernah nggak sih merasakan hidup di desa yang mobilitasnya terbatas dan jauh dari pusat keramaian? Pasti akan sulit hidup di desa jika keadaannya masih demikian. Untuk hanya sekedar belanja saja harus berjalan jauh serta akomodasi transportasi yang tidak memadai. Wah hal tersebut pasti akan sangat membosankan dan menyulitkan. Nah, hal demikian bisa nih menjadi peluang bisnis bagi Anda yang mempunyai modal minim. Di desa dikenal dengan biaya hidupnya yang murah, sehingga dengan modal minim yang anda miliki pasti bisa mendirikan usaha yang potensial guna memenuhi kebutuhan masyarakat desa yang serba keterbatasan. Dibalik keterbatasannya, justru banyak peluang usaha yang menguntungkan di desa.

5 Peluang Usaha Rumahan yang Menguntungkan Di Desa 

peluang usaha potensial yang cocok dijalankan didesa

Meskipun desa identik dengan daerah terpencil, jauh dari keramaian, jauh dari pusat kota dan sarana prasarana yang kurang memadai namun dengan sedikit inovasi Anda bisa mengubah persepsi negatif tersebut menjadi peluang usaha. Dengan menyesuaikan dengan kerifan budaya masyarakat desa, pasti usaha Anda akan memperoleh keuntungan dari mendirikan usaha di desa. Berikut ini beberapa jenis usaha potensial di desa.

  1. Jasa fotokopi dan percetakan, jilid ATK

Mengingat sarana prasarana di desa yang minim dan teknologi masih belum menjangkau desa secara merata, tak heran jika bisnis jasa fotokopi, ATK dan percetakan menjadi salah satu usaha desa yang sangat menjanjikan. Hal ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membuka usaha di desa karena peminatnya pasti banyak. Tak hanya kalangan siswa, namun dari kalangan karyawan bahkan kalangan masyarakat umum membutuhkan jasa fotokopi, ATK dan percetakan.

  1. Warung kelontong

Masyarakat desa biasanya mengandalkan pasar sebagai sarana untuk membeli barang-barang kebutuhan pokok. Sebagai alternatif untuk meningkatkan efisiensi masyarakat desa, Anda bisa mendirikan bisnis warung kelontong. Dengan adanya warung kelontong yang menjual berbagai jenis kebutuhan masyarakat, dijamin usaha Anda akan banyak diminati oleh masyarakat. Ini merupakan usaha yang menguntungkan di desa dengan modal kecil karena masyarakat tidak akan terlepas dari kebutuhan barang-barang pokok.

  1. Peternakan

Populasi masyarakat desa tidak sepadat populasi masyarakat di kota, sehingga masih jarak antar rumah warga dengan warga lainnya masih terpaut jauh. Selain itu masih terdapat banyak lahan kosong yang tidak terpakai. Jika jeli dengan peluang bisnis, Anda pasti akan memilih untuk mendirikan usaha peternakan. Mengapa demikian, karena komoditas ternak sangat diminati di pasaran. Seperti Ayam, bebek, bahkan budidaya ikan konsumsi memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan di desa. Selain karena faktor iklim dan cuaca yang mendukung, namun peminat hewan ternak sebagai bahan konsumsi di desa sangat besar.

  1. Bengkel

Di desa yang sangat jarang sekali ditemukan bengkel-bengkel besar, bisa nih menjadi peluang bisnis untuk Anda. Mengingat moda transportasi umum di desa yang kurang memadai, sehingga banyak masyarakat desa yang membeli kendaraan pribadi. Namun tidak banyak yang bisa membenahi kendaraan jika mengalami kerusakan. Untuk itu, dengan banyaknya masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi bisa menjadi peluang bisnis bagi Anda untuk mendirikan bengkel di desa.

 

  1. Perkebunan

Selain bisa digunakan untuk budidaya peternakan, lahan kosong di desa juga bisa digunakan sebagai lahan perkebunan. Bukan perkebunan dengan skala besar, namun kebun dengan skala sedang seperti perkebunan buah salak, buah rambutan, kebun mangga dan lain-lain. Tanah di desa dikenal dengan tingkat kesuburan tinggi, sehingga sangat cocok untuk ditanami berbagai jenis tumbuhan baik buah maupun sayuran.

Dengan sistem tanam yang benar, usaha ini memiliki prospek yang besar yaitu Anda bisa menjadi supplier buah maupun sayuran di kota. Mengingat lahan di kota yang sempit sehingga tidak ada tempat untuk menanam berbagai jenis tanaman buah dan sayur, padahal untuk hidup sehat diperlukan makanan yang seimbang yaitu buah dan sayur segar.

Nah di atas merupakan beberapa referensi usaha rumahan yang menguntungkan di desa. Desa bisa menjadi tempat yang strategis untuk mendirikan usaha jika mengerti langkah-langkah tepatnya. Banyak usaha yang menjanjikan untuk di jalankan di desa. Di desa dikenal dengan biaya hidupnya yang murah, sehingga biaya bahan baku untuk usaha pun juga murah dan hal ini pastinya akan cocok bagi Anda yang memiliki modal minim. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *